Kondisi Bangsa Indonesia Sebelum tahun 1908

BAB 4

SEMANGAT KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 1908

A. KONDISI BANGSA INDONESIA SEBELUM TAHUN 1908

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15. Pencarian sumber ekonomi baru karena rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan dan berkembangnya teknologi pelayaran. Melalui ekspedisi tersebut, bangsa Eropa menemukan sumber ekonomi dan lahan baru untuk melakukan perdagangan.

Ternyata kemudian, bangsa Eropa tidak sekadar berdagang melainkan menguasai dan menjajah negara-negara yang dianggap baru diketemukan. Penderitaan rakyat nusantara Awal mula penjajahan Belanda di Indonesia terkait Vereenigde Oost-Indische Compagnie ( VOC) yang berdiri pada 20 Maret 1602. Berbagai bentuk kekerasan menimpa penduduk di nusantara dan mengakibatkan penderitaan dalam berbagai segi kehidupan. Beberapa peraturan penjajah Belanda yang menyengsarakan rakyat nusantara yaitu:

1. Politik adu domba 

VOC melakukan politik adu domba (devide et impera) yaitu saling mengadu domba antara kerajaan yang satu dengan kerajaan lain atau adu domba di dalam satu kerajaan di berbagai daerah di nusantara. Politik adu domba ini berakibat pada makin melemahnya kerajaan-kerajaan di Indonesia dan merusak seluruh sendi kehidupan masyarakat di nusantara.

2. Kerja rodi

Penduduk di nusantara makin menderita ketika Daendels berkuasa (1808-1811). Penerapan kerja paksa (rodi) untuk membangun jalan sepanjang pulau Jawa (Anyer-Panarukan) membuat rakyat makin sengsara.

3. Tanam paksa

Penderitaan berlanjut karena Belanda menerapkan Cultuurstelsel ( tanam paksa). Aturan Tanam Paksa diterapkan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Van Den Bosch pada 1828. Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanam tanaman sesuai ketentuan pemerintah Hindia Belanda di sawah atau ladangnya. Hasil tanam paksa diserahkan pada pemerintah Hindia Belanda. Tanam Paksa mengakibatkan rakyat diperas tenaga dan kekayaannya sehingga jatuh miskin. Padahal penjajah mendapatkan kekayaan berlimpah dari nusantara untuk membangun negara Belanda menjadi kaya di Eropa.

Perlawanan ulama dan bangsawan nusantara Penderitaan rakyat di nusantara menumbuhkan benih perlawanan di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan. Para ulama atau kaum bangsawan di nusantara yang memimpin perjuangan melawan penjajah antara lain:

Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan

Sultan Ageng Tirtayasa di Banten

Tuanku Imam Bonjol di Sumatera Barat

Pangeran Diponegoro di Jawa Tengah

Namun perjuangan tersebut belum berhasil karena perjuangan masih bersifat kedaerahan dan belum terorganisasi secara modern. Perjuangan bangsa Indonesia yang masih kedaerahan maksudnya, Indonesia manakala waktu itu, apabila ada perang melawan penjajah masih menggunakan senjata yang sederhana seperti contohnya tombak,lalu perjuangan melawan penjajah yang masih daerah masing-masing (sendiri sendiri / belum bersatu). lalu apabila pemimpin perang meninggal, maka perang dianggap usai, selain itu, Indonesia belum menyadari bahwa perjuangan yang lebih efektif adalah dengan cara menyatukan seluruh kekuatan yang bangsa Indonesia miliki.

Penderitaan rakyat di nusantara menyadarkan beberapa orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di nusantara, antara lain: Baron Van Houvell Edward Douwes Dekker, Mr. Van Deventer, Edward Douwes Dekker dengan nama samaran Multatuli menulis buku Max Havelaar pada 1860. Menggambarkan penderitaan rakyat Lebak, Banten akibat penjajahan Hindia Belanda. Mr. Van Deventer mengusulkan agar pemerintah Belanda menerapkan politik balas budi "Etische Politic".

Politik balas budi terdiri tiga program yaitu: Edukasi Transmigrasi Irigasi Atas desakan berbagai pihak, akhirnya pemerintah Belanda menerapkan politik balas budi. Namun, politik balas budi bukan untuk kepentingan rakyat Indonesia melainkan untuk kepentingan pemerintah Hindia Belanda.

Contoh Politik Balas Budi untuk kepentingan pemerintah Hindia Belanda: Irigasi untuk pengairan perkebunan milik Belanda. Pembangunan sekolah (edukasi) untuk menyediakan tenaga terampil dan murah. Meski demikian, di sisi lain, pembangunan sekolah di nusantara menimbulkan dampak positif bagi bangsa Indonesia yaitu munculnya masyarakat terdidik. Masyarakat terdidik ini mulai memiliki pemahaman dan kesadaran akan kondisi rakyat di nusantara yang sebenarnya. Rakyat di nusantara dalam kondisi bodoh, terbelakang dengan kemiskinan di mana-mana. Mereka yang mengenyam pendidikan dan sadar nasib rakyat di nusantara selanjutnya menjadi tokoh-tokoh kebangkitan nasional.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kondisi Indonesia Sebelum 1908", https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/01/050000769/kondisi-indonesia-sebelum-1908?page=all.
Penulis : Arum Sutrisni Putri
Editor : Arum Sutrisni Putri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 9.1.1

Tugas 8.4.2